Saturday, March 10, 2018

Arti Sukses Menurut ‘NYONG’ Si Bocah Ngapak (Based On True Story)

Budayakan baca sampai habis, rate, dan komen yaa emoticon-Smilieemoticon-Smilie


Penting buat gue ketika kalian rate dan komen karena bisa buat perbaikan gue sendiri dalam nulis sebuah tulisan


Jangan bully gue, karena sesungguhnya  bullying adalah perbuatan yang jahat. Ini tulisan gue yang pertama yang berdasarkan pengalaman pribadi gue dan original tulisan gue sendiri (biasanya gue nyadur dari artikel sebelah atau gue modifikasi), jadi gue mohon kasih gue komen yang membangun.


Gue di sini Cuma sharing tentang pengalaman gue (sampe sekarang) dan gak ada maksud buat menggurui, sombong, menghina, atau tindakan yang tidak terpuji lainnya. Sekali lagi gue hanya sharing dan belajar menulis (daripada ngganggur di hari sabtu minggu).
Mungkin banyak dari kalian yang bertanya apasih kok ada kata ‘NYONG’ di judul, ‘NYONG’ berasal dari bahasa ngapak itu artinya aku/saya dalam bahasa Indonesia. Yap, gue adalah asli orang ngapak, tepatnya berasal dari Kabupaten termiskin nomor dua terbawah di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Kebumen. Asli sebenernya enakan pake sapaan ‘NYONG’ dan ‘KOWE’ (re: kamu, anda) karena prinsip kami sebagai orang ngapak adalah ‘ORA NGAPAK ORA KEPENAK’ (maksudnya, gak bicara ngapak gak enak). Tapi, berhubung ini forum seindonesia raya nanti banyak yang roaming kalo pake bahasa daerah jadi make gue elo aja ya (gue lebih nyaman make gue elo (kedua setelah ‘NYONG’ dan ‘KOWE’, daripada ane ente, aku kamu, atau apalah apalah, maafkan keegoisan gue).



Balik lagi ke topik di atas ya, apa sih arti sukses menurut gue? Buat gue sukses bukan lo harus punya mobil/rumah keren atau lo harus terkenal atau lo mesti naikin orang tua lo haji atau lo harus punya usaha sendiri dan punya karyawan sendiri atau apalah apalah. Tapi, sukses buat gue adalah lo udah melakukan semua hal yang lo bisa dan usaha semaksimal mungkin dalam hidup lo, hasil dari usaha yang maksimal itu ya menurut gue yang dinamakan sukses.Kenapa bisa kaya gitu? Gimana kalo usahanya udah maksimal tapi hasilnya gak sesuai apa yang kita harapkan? Mungkin banyak yang gak setuju dengan pernyataan gue. Atau mungkin kalimat gue masih agak absurd dan parameternya gak jelas ya. Gue jelasin pelan-pelan deh yaa.

 






CITA-CITA VS REALITA

Panggil aja nama gue Abi, gue adalah anak ketiga dari empat saudara dan terlahir dari keluarga dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Bapak gue hanya pegawai negeri sipil dengan golongan III yang gak terima full gaji (karena bapak gue sakit kena gegar otak jatuh dari motor semenjak kakak pertama gue masih balita, karena itu bapak gue dimutasi dari Sukabumi ke Kab. Kebumen) dan Ibu gue hanyalah ibu rumah tangga biasa (semenjak adek gue lahir, Ibu gue memutuskan kerja di salah satu perusahaan asuransi sebagai pegawai tidak tetap, adek gue lahir pas gue udah SMP).


Banyak orang yang bilang atau orang besar yang bilang, gantungkan mimpi lo setinggi langit. Gue kurang setuju sih dengan kata-kata ‘gantungkan mimpi lo setinggi langit’ karena ketika lo gantungin cita-cita lo ketinggian maka lo akan ngerasa sakit ketika lo jatuh bebas tanpa ada bantalan ketika lo harus terhempas.

Sama seperti gue, gue dari kecil sama kaya anak jaman 90an cita-cita gue adalah menjadi dokter, tapi nyatanya gue gak jadi dokter. Gue harus nerima dengan lapang dada bahwa gak ada perguruan tinggi negeri yang mau nerima gue jadi mahasiswa baru fakultas kedokterannya.

Biar lebih jelas, parameter sukses menurut gue bisa gue bagi jadi beberapa masa, tapi yang perlu lo ketahui ini berlaku buat gue ya manusia yang minim bakat (gak bisa olahraga futsal Cuma bisa dikit banget bisa bisaan aja, gak bisa ngegame, gak bisa fotografi, gak bisa ngafal, gak bisa edit video, dan gak bisa lainnya karena gue hanya manusia yang penuh akan keterbatasan, beruntunglah kalian yang terlahir dengan bakat yang luar biasa). Langsung aja cekidot:
  
1. SD-SMA
Mungkin kalo lo mau nambahin dari TK atau playgroup boleh juga sih dalam masa yang pertama ini. Gue gak ngalamin yang namanya playgroup karena di desa gue gak ada, umur 3.5 tahun gue udah dimasukin ibu gue ke TK karena gue iri dengan kakak gue yang cewek (kita Cuma selisih umur 2 tahun), jadi daripada gue  nangis tiap pagi ngeliat mbak gue sekolah ibu gue masukin gue ke TK. Di masa ini arti sukses buat gue adalah gue bisa baca, ngeja, dan sedikit tulis (mungkin lebih arti sukses ke orang tua yang nyekolahin kita kali ya). Sampe sekarang tulisan tangan gue masih macem cekeran ayam yang susah dibaca bahkan oleh gue sendiri. Itulah mengapa gue bisa lanjut ke SD tanpa ngulang TK (biasanya kan TK ada nol kecil dan nol besar ya).


Jaman SD gue udah berangkat sekolah sendiri, jalan kaki dari rumah yang jaraknya sekitar 300 meteran kali ya pokoknya kalo jalan kaki tu 10 menitan deh. Alhamdulillah, gue bisa ranking di SD gue yang muridnya sekelas dihuni 20-30an orang (maklum SD di desa, fyi SD gue depannya kuburan peninggalan belanda, serem abis sebenernya, kalo ada yang request kenapa gue bisa bilang serem, komen aja, nanti bakal gue ceritain cerita serem di daerah gue).


Dari kelas 1-6 gue ranking terus 10 besar dan beberapa kali gue ranking 1. Sukses di masa SD ini menurut gue adalah ketika lo rajin belajar, bisa nurut apa kata orang tua lo, dan udah sholat mulai tepat waktu (karena kewajiban buat yang muslim).


Masalah ranking atau nggakkayaknya opsional, gue beruntung dapet ranking karena sekolah gue yang di desa dan muridnya cukup sedikit.


Jaman SD gue sangat males buat belajar, masih jarang sholat, dan masih sering drama ala bocah SD, jadi gue gak begitu sukses dalam menjalani masa bocah gue di SD.


SMP gue lanjutin di tempat yang agak jauh dari rumah orang tua gue, 10 KM buat bocah 10,5 tahun lumayan jauh ya, apalagi gue mesti bangun pagi dan naik angkot (jam 6 pagi udah mesti naik angkot, kalo kagak bisa telat). Di masa SMP ini gue agak susah beradaptasi, nilai gue jeblok dan gue gak ranking dari kelas VII-IX. Fyi, SMP gue ini termasuk SMP favorit di kota gue, jadi gue termasuk beruntung bisa masuk ke sini dengan nilai hasil UN ditambah ujian masuk juga. Jaman SMP ini gue Cuma ikut ekstra drum band tapi gak bertahan lama karena mulainya sore dan gue ngerasa capek mesti PP tiap hari setengah jam-sejam dari SMP sampe rumah.


Sukses di masa SMP menurut gue adalah  ketika lo mulai ikut aktif kegiatan ekstrakurikuler, ikut mulai aktif dalam organisasi sekolah, tapi tetep gak ninggalin ibadah dan beajar lo. Prioritas sih masih ke belajar dan ibadah ya, ini penting buat pondasi ke depan.


Lagi-lagi sayangnya gue juga gak begitu sukses, gue Cuma ikut drumband sebentar, ikutan pramuka karena wajib, gak pernah ngerasain ikut OSIS dan organisasi sekolah lainnya.

Berhubung udah panjang juga tulisan gue, gue singkat aja ya, jaman SMA menurut gue adalah salah satu jaman yang penting buat kita, karena di masa ini harusnya kita udah mulai mikir prioritas kita mau lanjut kuliah atau kerja. Ketika kita sudah diharuskan berfikir denan pola pikir yang cukup dewasa.


Ketika kita memutuskan kuliah kita mesti bener dalam menentukan jurusan dan perguruan tinggi yang kita ambil, jangan pernah kita ambil jurusan dan perguruan tinggi dikarenakan gengsi atau pengaruh dari temen-temen yang lain. Konsultasi dengan guru atau orang yang berpengalaman itu penting buat nentuin kita mau lanjut kuliah kemana, di masa ini juga kita mesti mikir akan jadi apa setelah kita lulus kuliah nanti. Apakah jadi pegawai negeri, apakah jadi konsultan, apakah jadi peneliti, apakah jadi dosen, apakah jadi artis, apakah jadi youtuber dan apakah-apakah yang lain.


Jadi menurut gue, masa SMA adalah masa yang sangat menentukan nantinya kalian mau jadi apa. Definisi sukses di masa SMA adalah ketika kita bisa menentukan kemana kita akan melanjutkan perjalanan kita.
2. Kuliah
Ketika kita sudah kuliah (apalagi kita jauh dari orangtua) kita mesti pinter-pinter dalam merawat diri kita sendiri. Beruntunglah kalian angkatan dibawah gue yang dapet beasiswa bidikmisi, kuliah dibayarin 8 semester dan dikasih uang jajan pula. Jaman kuliah buat gue, gue udah harus mikir gimana caranya biar gak nyusahin orang tua dikarenakan SPP gue udah lumayan gede (kurang lebih 3 juta 6 bulan). Alhasil mulai dari semester 2 gue aktif ngajar privat mulai dari bocah SMP sampe ngajar buat persiapan SNMPTN gue jabanin juga. Hasilnya lumayan banget, minimal gue dapet 100ribu tiap gue ngajar 1,5 jam. Di sini gue udah mulai kurang buat minta uang sama orang tua. Di semester 6 gue kuiah, gue diajakin temen gue buat ikut ngurusin bisnis temen gue yaitu buka toko yang jualan jersey, sepatu, beserta perlengkapan sepak bola lainnya. Jadilah gue ikut ngurusin tanpa gue modal apa-apa. Di masa ini gue udah gak minta uang lagi ke orang tua karena hasilnya amat sangat lumayan bahkan pas masa jayanya gue bisa dapet duit sebulan lebih gede daripada gaji gue yang sekarang. Terimakasih fachri artadi dan FA Sport. Target gue kuliah adalah lulus, sarjana, walau telat setengah tahun (gue banyak ngulang di mata kuliah mekanika, gue lulus 4.5 tahun) dan nilai skripsi gue Cuma A- gue sangat bersyukur bisa lulus. Harusnya di masa ini gue bisa ikut lebih aktif di organisasi, tapi sayangnya gue Cuma sekedar ikut-ikutan. Menyesal selalu ada di akhir.

Definisi sukses di jaman kuliah menurut gue adalah ketika lo bisa mandiri menghidupi diri lo sendiri


3. Kerja
Sebenernya di masa kuilah gue juga udah mulai kerja, ngelesin privat dan mulai bantuin usaha temen gue buat jualan. Sayangnya,usaha temen gue ini mulai gue bilang stak dikarenakan banyaknya orang kaya baru yang buka usaha dalam bidang yang sama. Di sini gue mulai berpikir untuk cari kerja lain karena kalo nggak kasian orang tua dan adek gue yang masih sekolah. Singkat cerita gue bisa lulus jadi pegawai BUMN sekarang ini dan ditempatkan di pelosok Kalimantan. Sukses di masa ini adalah ketika orang tua gue dan adek gue minta sesuatu, gue bisa penuhi, tentunya dengan keterbatasan gue. Tanpa orang tua gue hanyalah orang yang gak tau arah, gue bisa seperti sekarang ini juga karena usaha orang tua gue. Jadi buat kalian yang masih punya orang tua, sayangilah orangtua kalian selagi orangtua kalian lengkap.

Di masa kerja ini definisi gue belum bisa mendefnisikan kata sukses dalam masa kerja itu apa karena baru dua tahun ini gue kerja. Doakan gue supaya gue bisa berbuat lebih untuk Indonesia.


Tadinya gue mau nambahin dua masa lagi yaitu masa orang tua dan masa renta, tapi berhubung gue belum ngalamin jadinya gue mengurungkan niat gue.


Kita boleh terlahir dalam keluarga yang serba pas-pasan atau bahkan kekurangan, tapi jangan pernah jadikan itu sebagai alasan untuk kita mati dalam kondisi miskin.
 
Share:

0 comments:

Post a Comment