Saturday, March 10, 2018

Mengenal Lebih Dekat Teknik Lingkungan Universitas Indonesia


Buat ente yang belum kenal ane siapa, perkenalkan ane Abi, ane alumni mahasiswa TL UI 2009 yang lulus di bulan Februari tahun 2014. Sekarang ane kerja di salah satu BUMN yang bergerak di bidang ketenagalistrikan dan berdomisili sementara di pedalaman Kalimantan selatan.
Inilah sepenggal cerita yang mau ane bagi, langsung aja cekidot guys.


Kamus singkatan:

TL : Teknik Lingkungan
UI: Universitas Indonesia
DTS: Departemen Teknik Sipil
Prodi: Program Studi atau lebih akrab dengan sapaan Jurusan
Kutek: Kukusan Teknik
Kantek: Kantin Teknik
Kenalan dulu yuk sama Teknik Lingkungan Universitas Indonesia (TL UI)

Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Indonesia atau yang biasa lebih akrab dipanggil TL UI oleh para mahasiswanya ini berdiri pada tahun 2006 (umurnya baru 12 tahun ya gan, kalo dia hidup mah masih SMP, masih bisa dibilang bocah juga wkwkwkwk). Kalo berdasarkan yang ane baca di status resminya UI, TL UI ini akreditasinya B (akreditasi BAN PT) dan masuk juga ke akreditasi ASEAN University Network (AUN) 2008 (di bawah Departemen Teknik Sipil).

Loh kok tiba-tiba ada Departemen Teknik Sipil (DTS)? Apa hubungannya sama TL? Jadi gini gan, TL sama Teknik Sipil (setau ane lebih akrab disapa sipil aja sih tanpa teknik buat mahasiswa yang program studinya teknik sipil) itu berada dalam naungan satu departemen yang sama, yaitu Departemen Teknik Sipil. Ibarat Departemen Teknik Sipil itu bokapnya, dia punya dua anak yang namanya Program Studi Teknik Lingkungan sama Program Studi Teknik Sipil, begono.

Setau ane sih dulunya TL ini termasuk dalam penjurusannya si SIPIL, jadi sebelum tahun 2006 itu udah ada gan TL Cuma ya itu masuknya penjurusannya SIPIL buat para mahasiswanya yang udah mulai masuk ke semester 5 atau 6 gitu (kalo ane salah, mohon koreksinya ya suhu). Jadi ketika para mahasiswa SIPIL udah masuk ke semester 5 atau 6, mereka boleh milih penjurusannya atau peminatannya gitu kaya transportasi, manajemen konstruksi, termasuk si teknik lingkungan ini. Ngerti gak gan? Kalo gak ngerti komen di bawah deh, nanti ane jelasin lagi.

Buat yang belum tau kalo ente masuk TL UI itu kuliahnya dimana, ane kasih tau kampusnya itu ada di Depok, Jawa Barat gan, bukan di Jakarta ya (agak perbatasan sama Jakarta Selatan sih sebenernya). Mungkin udah banyak yang tau kali ya, Cuma kan selama ini ada salah kaprah kalo ane ditanya kuliah dimana gan dulu, ane jawab UI, terus disamber lagi ‘oh, UI Jakarta ya’. Itu kenapa ane kasih tau, ane baik kan. Wkwkwk.
Kalo ente kuliah di TL UI, ente bakal belajar perencanaan, perancangan (sistem bangunan dan struktur), pelaksanaan dan pengelolaan di bidang penyediaan air minum, penanganan limbah cair, dan masih banyak lagi. Nanti di bawah ane bakal bahas khusus tersendiri tentang mata kuliah di TL UI dari yang mulai gampang dapet nilai sampe yang paling horror.

Jaman ane kuliah ya dari tahun 2009 sampe 2014 februari (ane wisuda) dosen-dosen di TL UI ini gahar-gahar gan, jago-jago parah deh, dan baik-baik tentunya. Banyak dosen TL UI yang sering nongol di TV loh kaya Pak Firdaus Ali, ataupun Bu Cindy Priadi yang jago tentang penelitiannya. Jadi buat agan yang pengin kuliah di sini jangan khawatir dengan kualitas dosennya. Ane jamin mantap djiwa.

Buat Yang Pengin Kuliah Di TL UI, Ini Nih Cara Masuk Dan Biaya Pendidikannya
Mungkin banyak yang beranggapan, ah males ah kuliah di UI, mahal, ah takut ah. Emang gak sebenernya salah sih, tapi jangan salah pengertian dulu gan. Ane bakal jelasin di sini, kalo biaya pendidikan S1 Regulernya itu dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, istilahnya BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B ini dibayarkan dengan kisaran 100 rebu sampe 7.5 juta. Yang perlu agan sekalian tau, BOP-B ini gampangnya sama banget kaya SPP gan, dibayarnya tiap semester. Nah kenapa sih BOP-B itu ada B-nya di belakang dan disebut Berkeadilan? Dikarenakan agan sekalian bayar BOP-B/SPP nya ini sesuai dengan kemampuan orang tua agan sekalian.

Nah sedikit cerita nih gan jaman ane maba, ane ngurus BOP-B ini emang agak ribet gan karena nyiapin berkasnya lumayan banyak (mulai dari surat keterangan tidak mampu, surat keterangan dari tetangga sekitar, akte keluarga, dan dokumen tetek bengek lainnya) dengan jarak rumah ane dan UI yang amat jauh (rumah orang tua ane di Kebumen). Untungnya ada mas-mas dan mbak-mbak yang sangat peduli dengan ane (dan temen-temen ane dari Kebumen lainnya yang ketrima di UI). Mas dan mbak ini tergabung dalam PERHIMAK UI (Perhimpunan Mahasiswa Kebumen Di UI). Mereka-mereka inilah yang ngebantuin ane masalah ngurusin BOP-B ini sampe kelar. Dulu ane dapet BOP-B total sekitar 1.8an juta, karena status bapak ane yang masih PNS. Terimakasih mas dan mbak PERHIMAK UI.

Untuk S1 Reguler terhitung sejak tahun 2013 ntu udah gak dikenain lagi uang pangkal, uang pangkalnya udah disubsidi sama pemerintah pake Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Apa sih maksudnya uang pangkal ini, uang pangkal itu gampangnya uang sumbangan kali ya. Beruntung buat kalian di angkatan di bawah 2013 karena udah gak ada lagi Uang Pangkal, jaman ane Uang Pangkal itu maksimal 25 juta dan paling bawah itu 0 rupiah lagi-lagi tergantung dari kemampuan orang tua masing-masing mahasiswa. Ane agak lupa ane dapet uang pangkal berapa, kayaknya kisaran 5 jutaan deh gan.

UI juga make Uang Kuliah Tunggal Semester atau UKT gan sebagai sistem pembayaran dimana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per SKS. Maksudnya tuh, kalian Cuma bayar BOP-B aja tanpa ada bayar duit lainnya. Mau kalian ambil sampe 24 SKS sampe muntah juga kalian Cuma bayar BOP-B aja, kan ada tuh di beberapa perguruan tinggi yang tiap SKS/KRS an bayar lagi gitu deh itungannya pokoknya ya, kurang paham juga ane sama perguruan tinggi lain hehehe.
Udah ngerti masalah perduitan yang buat ane juga agak krusial, lanjut ke caranya gimana masuk ke TL UI. Caranya gampang gan, ada tiga, yang pertama bisa lewat Gerbatama, yang kedua lewat stasiun UI, yang ketiga lewat POCIN (Pondok Cina), hehehe bercanda gan, garing banget yak. Maafkan ane yang gak bisa ngelawak, lawakan ane emang receh.

Lanjut ya gan ke obrolan yang agak serius, ane kasih tau ya gan, tapi janji jangan dikasih tau ke orang lain wkwkwk, jadi gini, sebenernya TL UI itu agak kurang diminatin sama anak-anak SMA jadi bisa dibilang passing grade nya menengah ke bawah. Kenapa bisa kurang diminatin kaya TL ITS, UNDIP, atau ITB. Kalo menurut ane mungkin karena TL UI termasuk jurusan yang baru dan masih agak kurang terkenal dibanding TL yang lain. Jadi karena passing grade nya menengah ke bawah jadi kemungkinan kalian yang pengin jadi mahasiswa TL UI amat terbuka lebar kesempatannya. 
Jadi passing grade itu adalah batas nilai minimal yang dipakai sebagai salah satu acuan untuk memilih jurusan atau program studi di suatu perguruan tinggi. Nah biasanya itu, passing grade itu dinyatakan dalam bentuk persen gan. Rata-rata passing grade itu di kisaran 40-50 %, kesimpulannya kalo passing grade kurang dari 40% persaingan untuk dapetin kursi jadi mahasiswa itu lebih gampang. Logikanya sih begitu gan. Kalo ane cari di web nih ya, passing gradenya TL UI tu di angka sekitaran 40%.

Cara gampangnya gini gan, kalo kita bandingin sama jurusan favorit di UI kaya kedokteran itu ibarat kita perang 1 orang dari kita tu harus ngalahin mungkin bisa sampe 100-300an orang (tergantung yang daftar) buat ngedapetin 1 kursi biar jadi mahasiswa Kedokteran UI. Tapi itu gak berlaku buat TL UI, mungkin nih ya 1 orang harus ngalahin 30-40 orang. (kalo ane salah mohon koreksi ya para suhu, ane hanyalah manusia biasa yang penuh akan khilaf).

Sebenernya gak mutlak masalah passing grade sih, banyak faktor lain contohnya tergantung dari tren per tahun jurusan mana yang lagi favorit. Semakin favorit itu jurusan semakin banyaklah peminatnya dan semakin banyak orang saingan kita buat dapetin 1 kursi mahasiswa yang kita pengin atau harapin.

Sekarang ini jalur masuk UI ada beberapa yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SIMAK UI (Seleksi Masuk UI)..
Ane kasih Tanggal-tanggal penting penerimaan mahasiswa baru UI nih :
1.      SNMPTN : Pendaftaran (21 Februari – 6 Maret 2018) ; Pengumuman (17 April 2018)
2.      SBMPTN : Pendaftaran (5 – 27 April 2018) ; Ujian (8 Mei 2018) ; Pengumuman (4 Juli 2018)
3.      SIMAK UI : Pendaftaran (2 – 27 April 2018) ; Ujian (13 Mei 2018) ; Pengumuman (6 Juli 2018)

Ane mau sharing pas jaman ane masuk ke UI ya gan dan sis, ceritanya mungkin agak banyak jadi tetep baca yaa. Nanti juga ane kasih tips dan trik ala ane biar bisa menghadapi ujian masuk ke perguruan tinggi, gak Cuma UI sih tapi perguruan tinggi yang agan dan aganwati penginin. Karena buat ane kuliah itu penting, bukan masalah gelar yang didapet tapi kuliah itu ngebuat kita jadi punya pemikiran lain yang gak kita dapetin jaman SD, SMP, ataupun SMA. Yakin deh perbedaan lulusan SMA dan Kuliah adalah pola pikiran yang terbentuk. Sungguh ane gak ada niatan buat merendahkan kalian yang gak kuliah, karena banyak yang udah kuliah juga banyak yang jadi begundal atau bahkan gak kerja dan malah jadi pelaku tindak kriminal.

Banyak juga kok temen ane sekantor yang lulusan SMK sekarang lagi pada kuliah lagi (iya bener kerja sambil kuliah), banyak juga yang udah pada lulus sarjana dan lanjut ke S2 (ane kalah ini). Jadi buat kalian yang pengin kuliah mesti semangat, ane doain semoga ada jalan buat kalian yang pengin kuliah tapi ada masalah di finansial atau dan lain sebagainya.
Jadi jaman ane lulus SMA ane bingung nih mau lanjut kemana karena ane selalu ditolak sama perguruan tinggi yang ane daftar, mulai dari SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) itu seleksi tahap pertama di UI selain PMDK (jalur prestasi yang make nilai raport) sampe Ujian Masuknya ITB ane juga gagal. Ane ceritain satu-satu ya gan dan sis, SIMAK UI dulu itu adalah jalur yang paling gede kuotanya buat para anak SMA buat yang pengin jadi mahasiswa UI, seinget ane sekitar 50-60% mahasiswa UI di tahun 2009 itu masuk lewat SIMAK UI.

Di SIMAK UI ini ane inget milih Kedokteran UI (Pilihan Pertama) dan Teknik Lingkugan UI (Pilihan Kedua). Dulu SIMAK Cuma ada dua pilihan, dan berhubung ane dari kecil pengin banget jadi dokter, ane milih Kedokteran di pilihan pertama dan kenapa ada TL di pilihan kedua dikarenakan dulu itu mbak sepupu ane ada yang lulusan TL ITB dan kerja di salah satu perusahaan minyak swasta ternama di Indonesia, jadinya kata ibu ane disaranin buat milih itu, apa kata orang tua selama itu baik pasti ane ikutin. Padahal mah dulu ane gak tau apa-apa tentang TL UI, passing gradenya berapa, dan mata kuliahnya apa.

Ane tes tulis SIMAK di jogja gan (kalo gak salah, maafkan ane yang pelupa ini) dan ane gagal. Kenapa ane gagal di sini, ini pengalaman ane ikut pertama tes masuk kuliah, dan menurut ane soalnya amat susah buat ane yang gak pernah dikasih soal macem SIMAK. (SIMAK dan SNMPTN soalnya sangat beda gan jaman ane dulu).




 
Share:

0 comments:

Post a Comment