Saturday, March 10, 2018

Mengenal Lebih Dekat Teknik Lingkungan Universitas Indonesia (Lanjutan Part 1)

Lanjutan Part 1
 


Lanjut ya gan ke cerita ane, semoga agan gak bosen buat bacanya.

Setelah ane gagal di SIMAK, ane nyoba peruntungan lagi di UM UGM. Ane inget banget dulu ane ngambil jurusan Pendidikan Dokter, Teknik Geologi, Dan Teknik Kimia. Nasib agaknya gak memihak ke ane dikarenakan pas hari H ane tes, badan ane drop sedrop-dropnya jadi ane sama sekali gak konsen ngerjain soalnya. Dan bisa dipastikan setelah beberapa minggu nunggu pengumuman, ane dipastikan gak lolos UM UGM.

Setelah ane gagal di UM UGM ane masih gak patah semangat, ane saat itu daftar buat ikutan USM ITB (kalo gak salah ya namanya gitu, pokoknya ujian masuknya ITB gitu deh gampangnya) dan berbarengan juga dengan ane daftar UMB. Ane jelasin sedikit nih tentang UMB, UMB itu Ujian Masuk Bersama dari beberapa Universitas kaya UI, UNJ, UNNES, UNHAS, UNSYIAH KUALA, dan lain lain pokoknya ada total tujuh tau delapan gitu universitas yang bekerja sama. Buat USM ITB ane milih Fakultas Pertambangan (kalo gak salah, soalnya di ITB itu milihnya fakultas bukan jurusan pas USM itu), kedua ane milih FTSL (Teknik Sipil Dan Lingkungan), dan ketiga ane milih FMIPA (Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam). Buat UMB ane milih Fakultas Kedokteran dan Teknik Lingkungan UI.

Ane USM ITB di bandung, SMA berapa gitu ane lupa, pokoknya ane pas itu berangkat ditemenin ibu dari gombong jauh-jauh naik kereta nginep di tempat budhe di rancaekek (gitu gak sih nyebutnya, orang bandung lebih tau lah ya). Seinget ane kuota buat masuk ITB itu sekitar 40-50% ya dari USM ITB ini. Ane agak lupa tesnya itu seharian penuh atau dua hari (mungkin temen-temen yang seangkatan sama ane bisa bantu ane di komen), yang jelas ane inget tesnya pagi sampe sore isinya Psikotest (mulai dari gambar, ngitung yang kaya Koran, dan macem-macem segala psikotest yang kaya biasanya) dan ada juga tes bahasa inggrisnya.

Buat ane yang SMA di desa dikasih soal begituan langsung tumbang gan, gak pernah ngerjain soal begituan, dan sampe sekarang psikotest buat ane masih agak menjadi momok yang agak susah untuk ditaklukan karena ane paling gak bisa gambar.

Setelah beberapa hari di bandung di tempat budhe, ane berangkat sendirian ke Cirebon ke tempat kakak ane yang pertama yang kebetulan kerja di situ. Kenapa ane ke Cirebon? Karena UMB nya tesnya itu di Cirebon, Di SMA 3 Cirebon kalo gak salah ya gan. Beruntungnya ane punya kakak yang udah kerja di Cirebon dan dikasih rumah dinas di situ jadi ane bisa nebeng sekaligus ngrepotin buat minta dianterin ke tempat tes karena tesnya hari sabtu minggu.

Sebenernya ane agak gambling ikutan UMB ini karena kuota mahasiswa UI tahun 2009 yang diterima dari tes ini Cuma sekitar 5%. Gila gak tuh 5%? Kesempatannya kaya apa. Tapi ane nothing to lose, selama di Cirebon ane masih punya waktu beberapa hari buat menghadapi tes. Ane habiskan waktu buat belajar, belajar, dan belajar (gak lupa makan dan sholat tentunya karena ane seorang muslim). Sebenernya tes UMB ini lebih banyak dari SIMAK UI, selain ada kemampuan dasar (kaya matematika dasar, bahasa inggris, dan bahasa Indonesia), kemampuan jurusan (karena ane IPA ada matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi), di UMB ini ada juga soal tambahannya yaitu soal cerita yang isinya campuran matermatika dan ipa apa sih namanya ane lupa.

Sebenernya secara kemampuan, ane hampir gak ada bedanya dibanding saat SIMAK, UM UGM, atau USM ITB (kenapa ane bilang hampir gak ada bedanya karena ane belajar ya gitu gitu aja, tetep belajar sendiri). Terus apa yang bikin beda? Yang bikin beda, cara ane ngerjainnya, tiap ane ngelingkerin jawaban ane sisipkan doa ane (ini true event, mungkin kalian ada yang nganggep ane lebay, tapi kenyataannya begini dan itu resep yang bisa ngebuat ane bisa dapet kerjaan yang ane anggap layak sampe sekarang).

Setelah ane ngerjain soal tuh sabtu minggu, beberapa hari kemudian ane balik ke gombong naik kereta dari Cirebon. Beberapa waktu kemudian ane ngeliat pengumuman di web kalo ane gagal di USM ITB (gagal maning son son). Karena gagal lagi, jadi ane memutuskan buat daftar SNMPTN dan UM STAN. Entah udah abis berapa ane tes kesana kemari, kasian orang tua ane. Sedih juga sih sebenernya dan sempet agak drop karena gagal, gagal, dan gagal sementara beberapa temen ane sudah banyak yang dapet almamater yang mereka penginin.

Di SNMPTN ini ane milih MIPA ITB dan Pendidikan Matematika UNY (ane juga bingung kenapa amat menyimpang dengan apa yang ane pengin yaitu, Pendidikan Dokter). Sedangkan di UM STAN ane milih bea cukai sama akuntansi.

Waktu itu ane sudah di jogja dua hari lagi ane mesti menghadapi yang namanya SNMPTN (ane tinggal di jogja di tempat kakak sepupu yang kuliah ekstensi di Teknik Mesin UGM, terimakasih mas kiki udah mau ane repotin dari jaman SIMAK, UM UGM, sampe pas mau SNMPTN, semoga rejekinya selalu lancar).

Ane inget banget momen ini, hari kamis bulan sekian tahun dua ribu sembilan waktu itu ba’da maghrib, ane sama mas kiki abis selese sholat, ane lagi di kamarnya mas kiki buat mainan komputernya buat buka pengumuman UMB yang beberapa waktu kemaren ane udah ikuti. Buat yang udah pernah ikut tes-tes beginian pasti tau lah ya kalo webnya itu suka error pas lagi suasana genting macem keluar pengumumannya. Ane sempet kesel dan hopeless tuh, webnya gak bisa dibuka buka. Pas udah bisa dibuka, ane masukin nomor tes ane, dan atas berkat rahmat tuhan yang maha esa ane diterima di jurusan teknik lingkungan ui (kabar baiknya) dan mesti daftar ulang di kampus ui depok dua hari kemudian hari kemudian yaitu hari sabtu (kabar buruknya).

Kenapa ane bilang kabar buruk, karena dua hari dari hari itu kan ane mesti SNMPTN, gak mungkin ane kagebunshin make jurus seribu bayangan buat daftar ulang di depok dan SNMPTN di jogja. Itu yang pertama, yang kedua ane posisi lagi di jogja Cuma sama mas kiki, orang tua ane di gombong, kalopun ane mau ke depok, gimana caranya ane nyampe depok di hari sabtu pagi, padahal hari ini udah kamis malem.

Ane yang masih culun seculunnya (sekarang juga masih culun sih) cepet-cepet ngabarin orang tua dengan kejadian ane diterima kuliah (akhirnya). Orang tua ane nyuruh ane pulang malem itu juga ke gombong dan malem itu juga orang tua ane nyarikan ane tiket kereta dari gombong ke pasar senen Jakarta.

Perjuangan baru dimulai sih kalo ane bilang, ane dianterin sama mas kiki buat ke terminal dan waktu itu ane inget banget ane berdiri naik bus dari jogja sampe gombong. Ya sekitar 3 jam berdiri, lumayan bikin kaki pegal. Paginya ane mesti berangkat naik kereta ke Jakarta 8 jam ane sampe ke stasiun pasar senen sendirian (iya sendirian banget, anak kampung yang baru lulus sma).

Beruntungnya ane, dan anak-anak dari kabupaten kebumen lainnya yang keterima di UI bakal di bimbing sama mas dan mbak dari PERHIMAK UI (Perkumpulan Mahasiswa Kebumen di UI). Jadi yang belum tau PERHIMAK itu apa, perhimak itu paguyuban atau perkumpulan yang isinya mahasiswa asal kebumen yang kuliah di UI dan siap ngebantu adek-adeknya yang diterima di UI buat ngurusin mereka dari mulai ngurusin masalah BOP-B sampe masalah-masalah lainnya.

Jadi ane ke depok udah dikasih tau sama mas ajat sama mba eska dari PERHIMAK buat nyiapin apa aja yang dibawa dan mesti naik apa dari stasiun senen ke stasiun UI. Dan dari stasiun depok nanti ane bakal dijemput oleh mas ajat dan di bawa ke asrama UI buat nginep sementara di kamar asramanya mas asep.

Buset, baik banget kan mereka, pernah kenal sebelumnya sama ane aja kagak, masih mau-maunya bantuin ane tanpa dibayar sepeserpun. Gak Cuma berhenti sampe di situ, tapi ane juga diajak muter-muter UI dikasih tau tempat-tempat di UI, ane dibantuin masalah ngurusin buat masuk ke asrama UI, dan dikumpulin sama temen-temen ane yang satu asal daerah yaitu dari kebumen yang banyak dari mereka gak ane kenal sebelumnya (ada 3-4 orang yang sudah ane kenal karena berasal dari satu SMA yang sama dengan ane).

Intinya sih, terimakasih PERHIMAK, tanpa kalian ane juga gak bakal bisa seperti yang sekarang ini. Buat PERHIMAK angkatan 2009 juga kalian luar biasa, kami masih beberapa kali ketemu kaya di tempat nikahan salah satu anggota dari kami yang melepas masa lajang. No Pic HOAX ya, nih ane kasih barang bukti:




Kenapa ane ceritain agak detail perjalanan ane dari SIMAK sampe ane daftar ulang di UI? Alasannya adalah karena ini berhubungan sama tips dan trik dari ane buat kalian yang lagi bingung atau galau menghadapi dunia pasca SMA yang pengin lanjut kuliah. Langsung aja ya gan cekidot tips dari ane.

Tips 1 Kenali Potensi Agan

Semakin dini kalian tau seberapa kemampuan diri kalian itu semakin baik, kenapa ane bisa bilang begitu. Karena dengan kalian tau kemampuan tau potensi diri kalian, kalian bakal lebih gampang menentukan nantinya kalian akan lanjut ke perguruan tinggi mana. Dapet darimana sih atau bisa tau darimana sih potensi yang kita miliki?

Jujur aja gan, berhubung dulu ane dari keluarga yang pas-pasan, ane gak pernah ikut bimbel buat persiapan UAN atau SNMPTN. Jadi ane Cuma modal kitab-kitab kumpulan soal SNMPTN dari jaman 90an yang masih namanya SIPENMARU sampe tahun terakhir di jaman ane. Dan tentunya selain itu ane belajar di sekolah bareng temen atau nanya guru-guru kelas XII di SMA ane.

Nah caranya gampang gan, kan ada tuh soal dan pembahasan di kumpulan soal. Coba deh agan ngerjain dengan serius dan dengan waktu yang ditentukan, istilahnya simulasi SNMPTN gitu gan. Kalo udah selesai, agan koreksi sendiri deh gan, inget ya mesti jujur karena ini demi kebaikan agan juga. Kalo udah koreksi kan agan dapet tuh hasilnya, nah diliat bener berapa, salah berapa, dan dikalkulasi agan dapet poin berapa.

Dari situ agan dan sista sekalian bisa ngira-ngira kemampuan agan tuh udah sampe mana. Cara ini bisa agan lakuin berulang loh buat ningkatin kemampuan agan. Dan inget, soal SNMPTN itu kan kalo ngisi bener dapet +4 ngisi salah -1 dan gak ngisi dapet 0 (kayaknya kebanyakan gitu deh, kalo salah mohon dikoreksi). Jadi agan juga mesti pinter-pinter atur strategi buat dapetin hasil yang maksimal.

Inget ya gan, ane aja yang tanpa bimbel bisa kok, jadi buat kalian yang gak bisa ikut bimbel kaya temen-temen ente yang lain gak usah minder dan gak usah takut buat ikutan tes-tes buat masuk ke perguruan tinggi.

Buat orang yang kaya ane berasal dari keluarga yang pas-pasan juga gak usah takut buat kuliah gan, karena kalian bisa ikutan beasiswa bidikmisi (setau ane masih ada deh, baru mulai dari tahun 2010 soalnya, beasiswa bidikmisi ini bakal ngecover biaya pendidikan agan selama delapan semester dan agan juga dikasih uang saku tiap bulan selama kuliah). Kalo ane salah mohon dikoreksi karena ane juga kurang ngerti, yang ane ngerti pas jaman kuliah itu banyak banget beasiswa yang bisa ane apply. Buat yang penasaran, bisa langsung googling beasiswa bidikmisi.

Tips 2 Kenali Jurusan Pilihan Agan


Setelah agan dan sista udah tau kemampuan agan dan sista dengan cara di atas, tips kedua ini juga menurut ane gak kalah penting atau bisa dikatakan amat krusial juga. Jurusan kuliah yang agan pilih jangan agan pilih berdasarkan gengsi, hanya karena temen-temen agan banyak yang milih jurusan ini atau jurusan ini keren jadi agan milih jurusan ini.

Agan juga gak boleh egois milih jurusan berdasarkan kemauan agan sendiri, agan mesti banyak tukar wawasan ke orang yang lebih ngerti, bisa dengan guru, orang tua, atau kakak kelas agan yang sudah kuliah.

Maksud ane gini gan, berkaca dari pengalaman ane, dengan egois dan bodohnya ane milih jurusan pendidikan kedokteran padahal secara kemampuan ane jauh itu termasuk orang yang biasa-biasa aja, alias gak terlalu pinter. Secara logika kan gak masuk akal ya ane bisa dapetin jurusan yang passing grade nya tinggi kaya kedokteran, teknik geologi, atau teknik kimia.

Pilihlah jurusan yang agan masih bisa raih, agan boleh bermimpi tapi jangan lupakan realita, pikirkanlah juga orang yang support agan kaya orang tua atau pacar mungkin. Jangan Cuma gara-gara agan ngebet pengin jadi dokter, agan kemanamana daftar kedokteran dan hasilnya gagal. Ini cerita pengalaman pribadi ane sendiri ya gan, gak bermaksud menyinggung siapapun.

Selain itu agan juga mesti berpikir prospek dari jurusan yang nantinya agan akan pilih, maksudnya nanti setelah agan lulus agan mau bekerja jadi apa (sungguh, ini krusial, jangan sampe agan udah dapet jurusan ini terus kuliah agan gak tau nanti bakal kerja dimana dan jadi apa kaya ane ini pas jaman kuliah dulu). Carilah jurusan yang paling banyak lapangan kerjanya, kaya kalo di rumpun teknik itu ada teknik sipil, mesin, elektro, kimia, atau teknik industri.

Ada lagi gan yang mesti dipertimbangkan, yaitu perguruan tinggi yang nantinya agan akan pilih. Agan juga gak boleh egois kaya ane yang Cuma dari awal ngejar UI, UGM, dan ITB. Itu kebodohan ane yang kesekian, jangan diikutin ya. Semua perguruan tinggi menurut ane adalah bagus tergantung gimana mahasiswanya yang memanfaatkan fasilitas dan kemampuannya untuk berkembang. Asal ente dapet di perguruan tinggi negeri, ane jamin akan banyak beasiswa yang menunggu untuk agan apply.

Jangan juga terpaku sama universitas gan, ente bisa juga ngambil di sekolah kedinasan kaya STAN, STIS, STSN, AKMIL, AKPOL, atau yang lainnya.

Banyak hal yang mesti agan pertimbangkan buat agan menentukan agan dari SMA/SMK mau lanjut kuliah kemana. Tolong pertimbangkan baik-baik, jangan sampe menyesal di akhir. Buat kalian yang kurang beruntung, misalnya dikarenakan kondisi kalian mesti kerja dulu setelah kalian lulus SMA, gak masalah gan, jangan minder jangan berkecil hati, ente bisa kerja dulu, setelah beberapa lama ente kerja, ente bisa ngambil kuliah di hari sabtu.

Banyak temen-temen ane yang lulusan SMK bisa kerja sambil kuliah walau dari keluarga yang pas-pasan juga sama kaya ane. Yakin aja dimana ada kemauan di situ bakal ada jalan dari tuhan.

Hari ini segini dulu ya gan apdetan dari ane, ane mau futsal dulu nih bareng sama temen-temen kantor ane biar sehat wkwkwk. Kalo ada waktu ane pasti bakal apdet lagi kok. Masih ada tips ketiga, keempat, dan tips kelima juga.

Abis itu masih ada mata kuliah apa aja sih di TL UI dan belajarnya tu apa aja di mata kuliah itu, abis itu masih ada kehidupan kuliah, dan prospek kerja juga. Kayaknya ane kebanyakan curhat ya di tulisan ane. Cuma pengin berbagi aja kok ane, gak lebih.
Share:

0 comments:

Post a Comment