Saturday, March 10, 2018

Mengenal Lebih Dekat Teknik Lingkungan Universitas Indonesia (Lanjutan Part 2)



Lanjutan Part 2


Tips 3 Kenali Tuhan Kalian


Setelah kalian tau potensi kalian dan juga jurusan apa yang kita pengin, tentunya kita wajib banget buat ngejar impian atau target kita. Inget ya, mesti realistis jurusan yang kita pilih. Misalnya nih, saya pengin banget kuliah di jurusan Teknik Perminyakan ITB supaya nantinya ane bakal bisa kerja di Industri Migas. Nah langkah selanjutnya, belajarlah dengan serius dan giat, karena lagi-lagi saya ingatkan kalo menyesal adanya diakhir.



Saya termasuk percaya banget sama keberuntungan (yang Saya dapet dari usaha dan berdoa dengan sungguh-sungguh) apalagi buat yang namanya tes masuk ke perguruan tinggi yang banyak banget faktor X nya. Maksud faktor X apa, maksudnya banyak faktor diluar nalar yang bisa menggaggalkan atau malah membuat kita diterima di sebuah perguruan tinggi yang kita pengin.


Contohnya, kita bisa aja salah ngisi nama, salah ngisi nomor tes, salah ngisi jawaban (gak sinkron apa yang ada diotak kita dan apa yang kita lingkerin), dan mungkin bisa aja nanti kertas jawaban kita gak bisa kescan di mesin scan jawaban. Gak ada yang tau, makanya Saya sebut dengan faktor X.


Belum lagi, tes masuk perguruan tinggi ini tesnya adalah bisa dibilang untung-untungan karena kita disuruh milih dari A, B, C, D, atau E yang kesempatan benernya masing-masing 20%. Makanya penting banget buat kita minta bantuan dari Tuhan buat ngadepin masalah yang krusial bagi kebanyakan anak lulusan SMA yang pengin banget lanjut kuliah di tempat yang mereka penginin.Kalo kita gak kenal sama tuhan kita, atau tuhan kita gak kenal sama kita gimana tuhan mau bantuin kita dan kabulin doa kita. Coba aja kita minta sesuatu ke orang yang gak kita kenal, pasti orangnya gak bakal mau ngasih, apalagi hal yang kita minta itu sesuatu yang berharga gampangnya begitu


Buat yang muslim, kita bisa nambah dengan sholat sunnah (bisa sholat dhuha, sholat tahajud, dan sholat sunnah yang lain), puasa sunnah, dan baca qur’an (minimal setelah sholat maghrib atau sholat shubuh). Sungguh ane Cuma share yang Saya lakuin saat itu, gak ada maksud buat menggurui. Buat agama yang lain, bisa menyesuaikan dengan ajarannya. Hal ini kalo berlanjut sampe kita kuliah, kerja, dan seterusnya kan bagus juga gan. Cara ini juga yang ane lakuin buat dapetin pekerjaan yang ane dapetin sekarang sih.



Tips 4 Kenali Medan Tempur kalian


Setelah kita udah siap secara fisik dan mental, dan sudah memilih jurusan apa yang kita pengin, langkah selanjutnya tinggal menuju ke medan tempur buat kita tes. Tips dari ane nih, jangan sampe kita dateng ke tempat yang sudah ditentukan untuk tes mepet banget dari hari H. Kita juga mesti kenal sama tempat buat tempur kita, missal kita nanti bakal duduk dimana (biasanya hari min satu sudah ditempelin gan nomor tes tempat duduknya di TKP), toilet dimana, kantin dimana, atau tempat-tempat lain dimana. Jangan sampe kita bingung di hari H buat nyari-yari toilet yang bisa bikin kita grogi sendiri. Sambil main juga dan refreshing bentar kan, h-1 jalan-jalan ke medan pertempuran.





Tips 5 Pertempuran


Di hari H pertempuran ini amat sangat penting, kita udah harus ada di kondisi terbaik dengan mental yang baik juga. Mental penting banget bre, percuma kalo kita udah hafal rumus fisika dan kimia dengan segala tetek mbengeknya pas kita belajar, tapi itu semua bisa dengan mudah ilang kalo mental kita gak siap. Bangunlah lebih awal di hari H ini, pake baju terbaik yang kita punya (yang penting jangan sampe salah kostum ya, balik lagi tergantung kebijakan masing-masing perguruan tinggi, contohnya ITB pada jaman ane daftar mewajibkan peserta tesnya make baju SMA alias putih abu-abu, dan bodohnya ane sempet gak bawa, dan taunya pas di kereta, untung budhe masih nyimpen baju SMA anaknya jadi ane pinjem). Selain make baju terbaik juga, makan secukupnya, jangan lupa sholat dulu, pokoknya kondisikan kita udah siap banget udah tempur deh dengan senyamannya kita. Datenglah ke TKP agak sedikit lebih awal, ini lumayan penting loh, mending kita dateng agak lebih awal daripada kita dateng telat nanti buru-buru dan hancur semua persiapan kita dari mulai TIPS 1 yang ane berikan. 

Dateng lebih awal juga penting buat ngatur mental kita, ngeliat siapa aja sih calon yang bakal kita sikat dan kalahkan. Ane kasih rahasia ane juga nih gan, pas ane UMB di Cirebon, ane selalu sertakan doa di setiap jawaban yang ane kasih (ini no hoax, ane sama sekali gak boong). Kerjakan sesantai mungkin, gak usah grogi, dan jangan terlalu nyantai juga karena waktunya pasti mepet, kayaknya 2 menit gitu ya gan maksimal buat ngerjain satu soal. Kerjain yang gampang dulu, kalo susah tinggal gak usah maksa. Kalo emang kita bisa ngerjain semua soal dan ngerasa yakin bener, kerjain aja semuanya jangan pernah kasih ampun, shikat miring kalo perlu.


Setelah kita berhasil di hari pertama, gak usah dibahas tuh apa yang udah kita kerjain, salah atau benernya gak usah dikoreksi lagi, kalo ada temen-temen yang ngajakin bahas mending abaikan aja, kalo bisa kita langsung pulang ke rumah masing-masing dan bersiap buat hari berikutnya. Biasanya kan dua hari tuh ya kalo tes beginian, nah di hari kedua hampir sama lah ya dengan hari pertama. Mungkin di sini kita bakal lebih santai karena kemaren kita udah pernah nyoba ngerjain di hari pertama.


Setelah selesai ngerjain tes, yasudah deh tinggal kita nunggu hasilnya sambil jangan lupa berdoa terus. Jaga kelakuan juga, jangan ngelakuin hal yang aneh-aneh. Mending lakuin hal yang berguna seperti nyiapin buat tes-tes yang lain yang pengin kita ikutin. Karena jangan sampe terlalu cinta dengan satu jurusan dan satu kampus. Selalu siapkan rencana A sampe Z kalo perlu, jadi kalo ada apa-apa terjadi kita gak bakal panik atau bingung dalam mengambil keputusan.
Share:

1 comment:

  1. Wiih sii agan anak UI.
    Tetep eksis ngeblognya ya gan.
    Dari gw id kaskus cydwax

    ReplyDelete